Kritik Jurnal

Judul: Analisis Pengaruh Kata Kunci Kompetitif Pada Search Engine Optimization (SEO) Terhadap Pemasaran Online Untuk Produk Notebook


Penulis: Abdurrahman


Sumber : http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/infokom/article/view/1095



1.Penelitian ini termasuk kedalam kategori Library Research (Penelitian Kepustakaan) : karena menggunakan literatur (kepustakaan) dari penelitian sebelumnya, disamping itu penelitian ini  juga menggunakan  Grounded Research yaitu mendasarkan diri pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan dan analisis data dalam waktu yang bersamaan. Dalam riset ini data merupakan sumber teori, teori berdasarkan data. Ciri-cirinya : Data merupakan sumber teori dan sumber hipotesis, Teori menerangkan data setelah data diurai. Hal ini dibuktikan dengan data-data yang real dari penelitian perbandingan,  perbandingan ini menjadikan pembaca sangat mudah untuk memahami langkah selanjutnya yang divisualisasikan dengan grafik.


2. Menurut saya  jurnal ini mempunyai beberapa keunggulan, dikarenakan hal hal berikut ini:

    Purposiveness : Fokus tujuan yang jelas

    Testibility        : Prosedur pengujian hipotesis jelas

    Objectivity      : Berdasarkan fakta dari data aktual (tidak subjektif)

    Precision          :Mendekati realitas dan confidence peluang kejadian dari estimasi dapat dilihat


3. Masalah

  • Survey Research (Penelitian Survei) tidak melakukan perubahan (tidak ada perlakuan khusus) terhadap variabel yang diteliti, hanya mengandalkan  variable yang dikembangkan menjadi suatu kalimat yang tepat untuk menjawab permasalahan pada jurnal ini

  • Desain Penelitian

  1. Desain penelitian sudah menjawab dengan tepat masalah dalam jurnal ini
  2. Pada sampel jurnal ini dijelaskan bagiamana kata kunci kompetitif rendah dapat memiliki perkembangan SEO yang lebih baik dibandingkan dengan kata kunci kompetitif tinggi, cara-cara yaitu dengan analisis Meta tag, analisis secara kuantitatif, , analisis Traffic Overview dan Page View website . dengan analisis Meta Tag  datanya membuktikan bahwa kata kunci kompetitif rendah memiliki nilai relevansi dan memiliki jumlah keyword yang lebih rendah dibanding dengan website kata kunci kompetitif tinggi , tetapi berdasarkan analisis secara kuantitatif dilihat dari analisis perubahan parameter SEO menunjukan bahwa untuk website yang mengunakan kata kunci kompetitif rendah perkembangan SEO jauh lebih baik dibandingkan dengan website yang mengunakan kata kunci kompetitif tinggi ,lalu menurut analisis Traffic Overview dan Page View website  mengunakan kata kunci kompetitif rendah memiliki traffic dan page view per kunjungan pada website lebih rendah dibandingkan website yang mengunakan kata kunci kompetitif,

  • Prosedur 

  1.  Pengumpulan data dan pendeskripsiannya sudah digambarkan dengan jelas sehingga pembaca memahami karakter pensampelannya
  2. Pengukuran bukti reliabilitas dan validitas sudah akurat
  3. Interpretasi : Kesimpulan yang dijabarkan sangat mudah dipahami, meskipun penjelasan hanya terpaku ke suatu produk tetapi dengan kesimpulan yang dibuat pembaca sudah dapat membayangkan secara umum (general)


Catatan:

Penelitian ini merupakan salah satu upaya agar para pelaku bisnis dapat mempelajari bagaimana strategi dalam memenangkan bisnis khususnya dalam penerapan online, disana harus ada keputusan pemakaian kata kunci kompetitif rendah atau pemakaian kata kunci kompetitif kompetitif, tetapi pada jurnal ini tidak dapat diputuskan harus memakai yang mana, karena masing-masing punya kelebihannya sendiri, seharusnya dijelaskan pada tahap memulai bisnis, kita dianjurkan untuk memilih kata kunci yang mana yang akan kita pilih, lalu pada tahap professional harus memakai yang mana?  pada intinya harus diberikan tahapan kelas dalam pemakaian kata kunci ini agar kita tahu resiko dan solusi apa yang harus diambil.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment