Secara umum, untuk mendapatkan
informasi saat ini para pengguna internet memanfaatkan mesin pencarian. Proses
pencarian informasi dapat dibagi secara spesifikasi (berdasarkan pencarian
gambar, tipe data, bahasa, lokasi dan waktu) dan secara klustering. Ada
beberapa mesin pencarian yang cukup popular yaitu : google, yahoo, altavista
dan lain-lain. Cara kerja mesin pencarian adalah dengan memasukkan kata kunci
oleh pengguna, selanjutnya mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman
web yang paling sesuai dengan kriterianya.
Mesin pencari bukan sekedar tulang
punggung dari industri digital tapi
juga sebagai awal dari industri Search Engine Optimization atau lebih
dikenal dengan SEO. SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara
sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik
kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan
mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah
menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau setidaknya halaman
pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. Kata kunci merupakan
hal terpenting agar web atau blog mendapat tempat yang baik di mesin pencari
(Google, Yahoo, MSN), sehingga kata kunci akan berpengaruh terhadap
keberhasilan bisnis online.(Sebastian,2012)
SEO dapat dikatakan sebagai semacam
pemasaran internet dan itu termasuk bagian dari metode pemasaran untuk
meningkatkan visibilitas dari perusahaan pada umumnya dengan mengunakan
mesin pencari. Popularitas mesin pencari sangat menguntungkan perusahaan untuk
meningkatkan hasil pencarian dan ini dapat mengembangkan industri SEO online.
Hermawan Kartajaya, seorang pakar pemasaran Indonesia mengungkap bahwa faktor
terpenting perubahan terhadap pemasaran adalah teknologi dan teknologi yang
banyak digunakan dalam hal pemasaran adalah online marketing. Sebagai
pebisnis online, fokus bagaimana agar webstore masuk ke halaman pertama, itu merupakan
keharusan agar mendapati banyak pengunjung dari Google (Rusyamsi,2012).
Dalam dunia SEO, sebelum pengguna
dapat menjual produk dan jasa secara maksimal, ada beberapa tahapan yang perlu
dilalui yaitu keyword research (kata
kunci). Pembuatan kata kunci ini
membutuhkan waktu khusus yang tidak sebentar, tergantung dari rumit konsep
brand/ produk / jasa yang ditawarkan. Kata kunci barang yang bisa langsung
dipakai jauh lebih mudah ketimbang kata kunci barang yang harus dipelajari oleh
penggunaannya hingga didapatkan manfaatnya, contoh: ketika menjual boneka
doraemon pastinya jauh lebih mudah ketimbang menjual "kartu belajar bahasa
arab". Pemilihan kata kunci dari contoh tersebut harus dilakukan agar bisa
mengetahui segmentasi pasar.
Target
utama dari kegiatan SEO ini adalah trafik yang diberikan dari mesin pencari.
Trafik SEO merupakan jumlah kunjungan yang didapat dari search engine, dari
trafik yang dihasilkan, sangat diharapkan bisa dikonversi menjadi penjualan
untuk website yang menjual produk secara online, atau dalam website
universitas. Trafik yang dihasilkan dari search engine tersebut merupakan
“targeted traffic”, ”targetted” karena pengunjung tersebut memang mencari
informasi yang ditampilkan pada website. Posisi pada search engine tersebut
akan terus berubah dalam hitungan harinya, karena itu kita bisa menggunakan SEO
untuk mendatangkan trafik dari search engine.(DavidOdang,2008).
Gambar 1. Perkembangan Pengguna Internet di Indonesia
Sumber : APJII ( Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ) 2015
Persaingan antara website semakin tinggi dan penyedia jasa
SEO pun mulai bertambah karena statistik pengguna internet di Indonesia juga
semakin banyak. Hal ini disebabkan oleh statistik pengguna internet di
Indonesia yang semakin lama terus berkembang. Bayangkan saja menurut survei
dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) menerangkan bahwa
statistik pengguna internet di Indonesia mencapai 63 Juta orang atau 24% lebih
dari total populasi negara ini, tahun 2015 naik sekitar 30% menjadi 82 juta
pengguna dan terus tumbuh hingga 139 juta pada tahun 2015. Hal ini merupakan
statistik yang sangat besar dan tentu menarik perhatian banyak orang untuk
lebih memanfaatkan internet di Indonesia.
Daftar Pustaka
Abdurrahman,A,2014, ‘Analisis
pengaruh kata kunci kompetitif pada search engine optimization (SEO) terhadap
pemasaran online untuk produk notebook’, Jurnal Ilmiah Informatika Komputer,
17, viewed 13 Mei
2016,<http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/infokom/article/view/1095>.
Dwiartara,L.2014,Menaklukan rimba
SEO & internet marketing ,Bogor: Ilmu website Courses Center.
Hernawati,K,2009, ‘Optimalisasi SEO
(search engine optimization) sebagai upaya meningkatkan unsur visibility
dalam webometric’, prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan
matematika,Yogyakarta;Univeristas Negeri Yogyakarta, viewed 13 Mei
2016,<http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Kuswari%20Hernawati,%20S.Si.,M.Kom./Prosiding%20Semnas%202009-kuswari%20Hernawati.pdf>.
Kurniawan Ferdinand,B. 2012. Most
Wanted Tips of SEO. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Nugroho.A. 2006. E-Commerce Memahami
Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung: Penerbit Informatika.
0 comments:
Post a Comment