PROSES DAN JENIS KOMUNIKASI



PROSES KOMUNIKASI

Model komunikasi haruslah lengkap, apabila salah satu elemen komunikasi tidak ada, maka komunikasi tidak akan berjalan dengan baik. Berikut penjabaran komponen-komponen proses dalam komunikasi antara lain :

  • Pengirim
Kenapa disebut pengirim? Karena ia adalah seseorang yang mempunyai kebutuhan atau informasi juga mempunyai kepentingan untuk berkomunikasi kepada orang lain. Menurut saya benar, peran pengirim itu  penting dalam sebuah komunikasi, jika tidak ada pengirim . sebuah proses selanjutnya tidak akan berjalan.

  • Pengkodean (Encoding)
Pengkodean yaitu pengirim mengkodean informasi yang akan disampaikan ke dalam symbol atau isyarat. Menurut saya biasanya seorang  menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata, gerakan anggota badan, (tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan dari pengkodean ini adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap, perilaku 

  • Pesan (Massage)
Pesan dapat dalam segala bentuk biasanya dapat dirasakan atau dimengerti satu atau lebih dari indra penerima., Menurut saya materi pesan dapat berupa informasi , ajakan atau yang lainnya

Pemilihan media dapat dipengaruhi oleh isi pesan  yang akan disampaikan, jumlah penerima pesan, situasi dan sebagainya, Menurut saya: " ini salah satu media yang sangat dibutuhkan agar penyapaian pesan atau proses komunikasi dapat berjalan secara efektif"

  •  Penerima 
adalah orang yang menafsirkan pesan penerima, jika pesan tidak disampaikan kepada penerima maka komunikasi tidak akan terjadi , Menurut saya: " Penerima pesan adalah orang yang dapat memahami pesan  dari sipengirim baik dalam bentuk code/isyarat  dan pastinya tanpa mengurangi arti pesan  yang dimaksud oleh pengirim tersebut"

  •  Penafsiran kode (Decoding)
Proses dimana penerima menafsirkan pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya . Jika semakin tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka semakin efektif komunikasi yang terjadi. Menurut saya : "jika proses komunikasi tidak diterjemahkan menjadi informasi yang berarti, maka proses komunikasi tersebut seakan tidak relevan"

Umpan balik adalah isyarat atau tanggapan yang berisi  kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal.Menurut saya :"Hal ini penting  supaya pengirim pesan dapat mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat.. umpan balik  yang disampaikan oleh penerima pesan secara umum merupakan balikan langsung  yang mengandung pemahaman atas pesan tersebut juga sekaligus merupakan apakah pesan itu akan dilaksanakan atau tidak , umpan balik juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membantu menumbuhkan kepercayaan serta dapat memperjelas persepsi"

JENIS KOMUNIKASI

1. KOMUNIKASI MENURUT CARA PENYAMPAIAN

a. Komunikasi Lisan

  • Komunikasi yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, dimana dua belah pihak dapat bertatap muka
  • Komunikasi yang terjadi secara tidak langsung karena dibatasi oleh jarak, misalnya komunikasi lewat telepon dan sebagainya.
  • Menurut saya: " jika harus memilih saya akan lebih memilih komunikasi scara langsung, karena apa yang kita sampaikan tidak terbatas atas suatu hambatan fasilitas seperti komunikasi secara tidak langsung. Dan akan lebih mengerti juga atas apa yang kita maksudkan. Tapi tidka ada salahnya dalam suatu keadaan dimana kita sibuk dengan urusan kita sendiri, maka komunikasi secara tidak langsung adalah suatu solusinya"

b. Komunikasi Tertulis
Komunikasi Tertulis adalah komunikasi yang dilaksanakan dalam bentuk surat dan dipergunakan untuk menyampaikan berita yang sifatnya singkat, jelas tetapi dipandang perlu untuk ditulis dengan maksud-maksud tertentu.

Contoh-contoh komunikasi tertulis ini antara lain:
  • Naskah, yang biasanya dipergunakan untuk menyampaikan berita yang bersifat komplek.
  • Blangko-blangko, yang dipergunakan untuk mengirimkan berita dalam suatu daftar.
  • Gambar dan foto, karena tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata atau kalimat.
  • Spanduk, yang biasa dipergunakan untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang.

Menurut saya :"komunikasi secara tertulis harus mempertimbangkan maksud dan tujuannya.Mengapa? karena perlu resiko dari komunikasi tertulis tersebut, misalnya aman, mudah dimengerti dan menimbulkan pengertian yang berbeda dari yang dimaksud"

2. KOMUNIKASI MENURUT KELANGSUNGANNYA
Di dalam proses komunikasi dapat kita ketahui terjadinya interaksi dua belah pihak tersebut sebagai berikut :

  • Komunikasi Langsung
Proses komunikasinya dilaksanakan secara langsung tanpa bantuan perantara orang ketiga ataupun media komunikasi yang ada dan tidak dibatasi oleh jarak.

  • Komunikasi Tidak Langsung
Proses komunikasinya dilaksanakan dengan bantuan pihak ketiga atau bantuan alat-alat atau media komunikasi.

Seperti pendapat saya di komunikasi secara lisan: " jika harus memilih saya akan lebih memilih komunikasi scara langsung, karena apa yang kita sampaikan tidak terbatas atas suatu hambatan fasilitas seperti komunikasi secara tidak langsung. Masing masing punya kelebihan dan kekurangan dan menurut saya sah saja jika kita sering melakukan keduanya tanpa harus memilih untuk di prioritaskan"

3. KOMUNIKASI MENURUT PERILAKU

Komunikasi merupakan hasil belajar manusia yang terjadi secara otomatis, sehingga dipengaruhi oleh perilaku maupun posisi seseorang. Menurut perilaku, komunikasi dapat dibedakan menjadi :

  • Komunikasi Formal
Komunikasi yang terjadi diantara anggota organisasi / perusahaan yang tata caranya telah diatur dalam struktur organisasinya, misalnya rapat kerja perusahaan, konferensi, seminar dan sebagainya.

  •  Komunikasi Informal
Komunikasi yang terjadi di dalam suatu organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi dan tidak mendapat pengakuan resmi yang mungkin tidak berpengaruh terhadap kepentingan organisasi atau perusahaan, misalnya kabar burung, desas-desus, dan sebagainya.

  •  Komunikasi Nonformal
Komunikasi yang terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal, yaitu komunikasi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi atau perusahaan dengan kegiatan yang bersifat pribadi anggota organisasi atau perusahaan tersebut, misalnya rapat tentang ulang tahun perusahaan, dan sebagainya.

Menurut saya  : "jadi kita dapat simpulkan bahwa komunikasi formal, informal dan nonformal saling berhubungan, dimana komunikasi nonformal merupakan jembatan antara komunikasi formal dengan komunikasi informal yang dapat memperlancar penyelesaian tugas resmi, juga dapat mengarahkan komunikasi informal kepada komunikasi formal"

4. KOMUNIKASI MENURUT MAKSUD KOMUNIKASI

Komunikasi dapat terlaksana bila terdapat inisiatif dari komunikator , maksudnya adalah terlaksananya komunikasi lebih banyak ditentukan oleh komunikator tersebut. Contoh:
  • Pidato
  • Ceramah
  • Memberi prasaran
  • Wawancara
  • Memberi perintah atau tugas

Menurut saya :"Dengan demikian jelas bahwa inisiatif komunikator menjadi faktor penentu, jika inisiatif pasif, maka komunikasi akan terdengar membosankan"

5. KOMUNIKASI MENURUT RUANG LINGKUP
Ruang lingkupmerupakan batasan jenis komunikasi . Maka dalam komunikasi ini dapat dibedakan sebagai berikut:

  • Komunikasi Internal
Komunikasi yang berlangsung dalam ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan tersebut saja.

  • Komunikasi Eksternal
Komunikasi yang berlangsung antara organisasi atau perusahaan dengan pihak masyarakat yang ada di luar organisasi atau perusahaan tersebut. Komunikasi dengan pihak luar dapat berbentuk Komunikasi eksternal dimaksudkan untuk mendapat pengertian,kepercayaan, bantuan dan kerjasama dengan masyarakat.

Menurut saya :"antara komunikasi internal dan eksternal sama pentingnya, apabila internal tidak di dukung eksternal maka tidak akan mencapaisuatu hasil yang klimaks"

6. KOMUNIKASI MENURUT ALIRAN INFORMASI
  • Komunikasi satu arah ( simplex )
Komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja (one way communication ). Pada umumnya komunikasi ini terjadi dalam keadaan mendesak atau darurat atau yang terjadi karena sistem yang mengaturnya harus demikian, misalnya untuk menjaga kerahasiaan atau untuk menjaga kewibawaan pimpinan.

  • Komunikasi dua arah ( duplex )
Komunikasi yang bersifat timbal balik ( two ways communication ). Dalam hal ini komunikasi diberi kesempatan untuk memberikan respons atau feed back kepada komunikatornya. Maka komunikasi ini dapat memberikan kepuasan kedua belah pihak dan dapat menghindarkan terjadinya kesalah pahaman.

  • Komunikasi ke atas
Komunikasi yang terjadi dari bawahan kepada atasan.

  • Komunikasi ke bawah
Komunikasi yang terjadi dari atasan kepada bawahan.

  • Komunikasi ke samping
Komunikasi yang terjadi diantara orang yang memiliki kedudukan sejajar.


Menurut saya : "Dengan adanya jenis komunikasi komunikasi tersebut, efektifitas dalam suatu perusahaan atau organisasi pasti dapat berjalan dengan baik"

7. KOMUNIKASI MENURUT JARINGAN KERJA

  • Komunikasi jaringan kerja rantai
Komunikasi terjadi menurut saluran hirarki organisasi dengan jaringan komando sehingga mengikuti pola komunikasi formal.

  • Komunikasi jaringan kerja lingkaran
Komunikasi terjadi melalui saluran komunikasi yang berbentuk seperti lingkaran. Saluran komunikasi lebih singkat dan merupakan kebalikan dari jaringan kerja rantai.

  • Komunikasi jaringan bintang
Komunikasi ini terjadi melalui satu sentral dan saluran yang dilalui lebih pendek.

8. KOMUNIKASI MENURUT PERANAN INDIVIDU

  • Komunikasi antar individu dengan individu yang lain.
Komunikasi ini terlaksana baik secara nonformal maupun informal, yang jelas individu yang bertindak sebagai komunikator harus mampu mempengaruhi perilaku individu yang lain.

  • Komunikasi antara individu dengan lingkungan yang lebih luas.
Komunikasi ini terjadi karena individu yang dimaksud memiliki kemampuan yang tinggi untuk mengadakan hubungan dengan lingkungan yang lebih luas.

  • Komunikasi antara individu dengan dua kelompok atau lebih.
Dalam komunikasi ini individu berperanan sebagai perantara antara dua kelompok atau lebih, sehingga dituntut kemampuan yang prima untuk menjadi penyelaras yang harmonis.

9. KOMUNIKASI MENURUT JUMLAH YANG BERKOMUNIKASI
Komunikasi yang terjadi antara  sesama manusia baik itu perorangan maupun kelompok. Oleh karena itu jumlah yang berkomunikasi akan mempengaruhi proses komunikasi itu sendiri, Untuk itu dapat dibedakan sebagai berikut :

  • Komunikasi Intrapersonal
Komunikasi ini merupakan komunikasi dengan diri-sendiri baik disadari atau tidak, misalnya berpikir.,Menurut saya : "benar seperti penjelasan tadi, komunikasi interpersonal memberikan kesempatan kepada kita untuk berbicara tentang apa yang kita sukai atau mengenai diri kita sendiri, dari sini kita dapat belajar bahwa perasaan kita tentang diri kita sendiri ataupun tentang orang lain, gambarannya adalah dunia tidak begitu berbeda dari perasaan orang lain"

  • Komunikasi Perseorangan (Interpersonal/antarpribadi)
Komunikasi yang terjadi secara perseorangan atau individual antara pribadi dengan pribadi tentang permasalahan yang bersifat pribadi juga. Dalam komunikasi ini dapat dilaksanakan secara langsung maupun lewat telepon namun tetap terjadi secara perseorangan , Menurut saya :"komunikasi interpersonal ini penting, karena ia juga merupakan satu dasar untuk berhasilnya suatu organisasi, dengan bertambahnya persepsi orang dalam dalam suatu kejadian komunikasi, maka akan dapat langsung diketahui umpan baliknya".

10. DARI SEGI KEMASAN PESAN
     Komunikasi dapat dilakukan secara verbal (dengan berbicara) atau dengan
  • Komunikasi verbal : dapat diwakili dalam penyebutan kata-kata,yang pengukapannya dapat dengan lisan atau tertulis.
  • Komunikasi non verbal : terlihat dalam ekspresi atau mimik wajah,gerakan tangan,mata dan bagian tubuh lainnya.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment