PROSES KOMUNIKASI
Model komunikasi haruslah lengkap,
apabila salah satu elemen
komunikasi tidak ada, maka komunikasi tidak akan berjalan dengan
baik. Berikut penjabaran komponen-komponen proses dalam komunikasi antara lain
:
- Pengirim
Kenapa disebut pengirim? Karena ia
adalah seseorang yang mempunyai kebutuhan atau informasi juga mempunyai
kepentingan untuk berkomunikasi kepada orang lain. Menurut saya benar,
peran pengirim itu penting dalam sebuah komunikasi, jika tidak ada
pengirim . sebuah proses selanjutnya tidak akan berjalan.
- Pengkodean (Encoding)
Pengkodean yaitu pengirim mengkodean
informasi yang akan disampaikan ke dalam symbol atau isyarat. Menurut saya
biasanya seorang menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata, gerakan
anggota badan, (tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan dari
pengkodean ini adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap, perilaku
- Pesan (Massage)
Pesan dapat dalam segala bentuk
biasanya dapat dirasakan atau dimengerti satu atau lebih dari indra penerima., Menurut
saya materi pesan dapat berupa informasi , ajakan atau yang lainnya
Pemilihan media dapat dipengaruhi
oleh isi pesan yang akan disampaikan, jumlah penerima pesan, situasi dan
sebagainya, Menurut saya: " ini salah satu media yang sangat
dibutuhkan agar penyapaian pesan atau proses komunikasi dapat berjalan secara
efektif"
- Penerima
adalah orang yang menafsirkan pesan
penerima, jika pesan tidak disampaikan kepada penerima maka komunikasi tidak
akan terjadi , Menurut saya: " Penerima pesan adalah orang yang
dapat memahami pesan dari sipengirim baik dalam bentuk
code/isyarat dan pastinya tanpa mengurangi arti pesan yang dimaksud
oleh pengirim tersebut"
- Penafsiran kode (Decoding)
Proses dimana penerima menafsirkan
pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya . Jika semakin
tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka
semakin efektif komunikasi yang terjadi. Menurut saya : "jika
proses komunikasi tidak diterjemahkan menjadi informasi yang berarti, maka
proses komunikasi tersebut seakan tidak relevan"
Umpan balik adalah isyarat atau
tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal
maupun nonverbal.Menurut saya :"Hal ini penting supaya
pengirim pesan dapat mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman
yang benar dan tepat.. umpan balik yang disampaikan oleh penerima pesan
secara umum merupakan balikan langsung yang mengandung pemahaman atas
pesan tersebut juga sekaligus merupakan apakah pesan itu akan dilaksanakan atau
tidak , umpan balik juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membantu
menumbuhkan kepercayaan serta dapat memperjelas persepsi"
JENIS KOMUNIKASI
1. KOMUNIKASI MENURUT CARA
PENYAMPAIAN
a. Komunikasi Lisan
- Komunikasi yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, dimana dua belah pihak dapat bertatap muka
- Komunikasi yang terjadi secara tidak langsung karena dibatasi oleh jarak, misalnya komunikasi lewat telepon dan sebagainya.
- Menurut saya: " jika harus memilih saya akan lebih memilih komunikasi scara langsung, karena apa yang kita sampaikan tidak terbatas atas suatu hambatan fasilitas seperti komunikasi secara tidak langsung. Dan akan lebih mengerti juga atas apa yang kita maksudkan. Tapi tidka ada salahnya dalam suatu keadaan dimana kita sibuk dengan urusan kita sendiri, maka komunikasi secara tidak langsung adalah suatu solusinya"
b. Komunikasi Tertulis
Komunikasi Tertulis adalah
komunikasi yang dilaksanakan dalam bentuk surat dan dipergunakan untuk
menyampaikan berita yang sifatnya singkat, jelas tetapi dipandang perlu untuk
ditulis dengan maksud-maksud tertentu.
Contoh-contoh komunikasi tertulis
ini antara lain:
- Naskah, yang biasanya dipergunakan untuk menyampaikan berita yang bersifat komplek.
- Blangko-blangko, yang dipergunakan untuk mengirimkan berita dalam suatu daftar.
- Gambar dan foto, karena tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata atau kalimat.
- Spanduk, yang biasa dipergunakan untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang.
Menurut saya :"komunikasi secara tertulis harus mempertimbangkan
maksud dan tujuannya.Mengapa? karena perlu resiko dari komunikasi tertulis
tersebut, misalnya aman, mudah dimengerti dan menimbulkan pengertian yang
berbeda dari yang dimaksud"
2. KOMUNIKASI MENURUT
KELANGSUNGANNYA
Di dalam proses komunikasi dapat
kita ketahui terjadinya interaksi dua belah pihak tersebut sebagai berikut :
- Komunikasi Langsung
Proses komunikasinya dilaksanakan
secara langsung tanpa bantuan perantara orang ketiga ataupun media komunikasi
yang ada dan tidak dibatasi oleh jarak.
- Komunikasi Tidak Langsung
Proses komunikasinya dilaksanakan
dengan bantuan pihak ketiga atau bantuan alat-alat atau media komunikasi.
Seperti pendapat saya di komunikasi
secara lisan: " jika harus memilih saya akan lebih
memilih komunikasi scara langsung, karena apa yang kita sampaikan tidak
terbatas atas suatu hambatan fasilitas seperti komunikasi secara tidak
langsung. Masing masing punya kelebihan dan kekurangan dan menurut saya sah
saja jika kita sering melakukan keduanya tanpa harus memilih untuk di
prioritaskan"
3. KOMUNIKASI MENURUT PERILAKU
Komunikasi merupakan hasil belajar
manusia yang terjadi secara otomatis, sehingga dipengaruhi oleh perilaku maupun
posisi seseorang. Menurut perilaku, komunikasi dapat dibedakan menjadi :
- Komunikasi Formal
Komunikasi yang terjadi diantara
anggota organisasi / perusahaan yang tata caranya telah diatur dalam struktur
organisasinya, misalnya rapat kerja perusahaan, konferensi, seminar dan
sebagainya.
- Komunikasi Informal
Komunikasi yang terjadi di dalam
suatu organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur
organisasi dan tidak mendapat pengakuan resmi yang mungkin tidak berpengaruh
terhadap kepentingan organisasi atau perusahaan, misalnya kabar burung,
desas-desus, dan sebagainya.
- Komunikasi Nonformal
Komunikasi yang terjadi antara
komunikasi yang bersifat formal dan informal, yaitu komunikasi yang berhubungan
dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi atau perusahaan dengan kegiatan
yang bersifat pribadi anggota organisasi atau perusahaan tersebut, misalnya
rapat tentang ulang tahun perusahaan, dan sebagainya.
Menurut saya : "jadi kita dapat simpulkan bahwa komunikasi formal,
informal dan nonformal saling berhubungan, dimana komunikasi nonformal
merupakan jembatan antara komunikasi formal dengan komunikasi informal yang
dapat memperlancar penyelesaian tugas resmi, juga dapat mengarahkan komunikasi
informal kepada komunikasi formal"
4. KOMUNIKASI MENURUT MAKSUD
KOMUNIKASI
Komunikasi dapat terlaksana bila
terdapat inisiatif dari komunikator , maksudnya adalah terlaksananya komunikasi
lebih banyak ditentukan oleh komunikator tersebut. Contoh:
- Pidato
- Ceramah
- Memberi prasaran
- Wawancara
- Memberi perintah atau tugas
Menurut saya :"Dengan demikian jelas bahwa inisiatif komunikator
menjadi faktor penentu, jika inisiatif pasif, maka komunikasi akan terdengar
membosankan"
5. KOMUNIKASI MENURUT RUANG LINGKUP
Ruang lingkupmerupakan batasan jenis
komunikasi . Maka dalam komunikasi ini dapat dibedakan sebagai berikut:
- Komunikasi Internal
Komunikasi yang berlangsung dalam
ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan yang terjadi diantara
anggota organisasi atau perusahaan tersebut saja.
- Komunikasi Eksternal
Komunikasi yang berlangsung antara
organisasi atau perusahaan dengan pihak masyarakat yang ada di luar organisasi
atau perusahaan tersebut. Komunikasi dengan pihak luar dapat berbentuk
Komunikasi eksternal dimaksudkan untuk mendapat pengertian,kepercayaan, bantuan
dan kerjasama dengan masyarakat.
Menurut saya :"antara komunikasi internal dan eksternal sama
pentingnya, apabila internal tidak di dukung eksternal maka tidak akan
mencapaisuatu hasil yang klimaks"
6. KOMUNIKASI MENURUT ALIRAN
INFORMASI
- Komunikasi satu arah ( simplex )
Komunikasi yang berlangsung dari
satu pihak saja (one way communication ). Pada umumnya komunikasi ini
terjadi dalam keadaan mendesak atau darurat atau yang terjadi karena sistem
yang mengaturnya harus demikian, misalnya untuk menjaga kerahasiaan atau untuk
menjaga kewibawaan pimpinan.
- Komunikasi dua arah ( duplex )
Komunikasi yang bersifat timbal
balik ( two ways communication ). Dalam hal ini komunikasi diberi
kesempatan untuk memberikan respons atau feed back kepada komunikatornya. Maka
komunikasi ini dapat memberikan kepuasan kedua belah pihak dan dapat
menghindarkan terjadinya kesalah pahaman.
- Komunikasi ke atas
Komunikasi yang terjadi dari bawahan
kepada atasan.
- Komunikasi ke bawah
Komunikasi yang terjadi dari atasan
kepada bawahan.
- Komunikasi ke samping
Komunikasi yang terjadi diantara
orang yang memiliki kedudukan sejajar.
Menurut saya : "Dengan adanya jenis komunikasi komunikasi tersebut,
efektifitas dalam suatu perusahaan atau organisasi pasti dapat berjalan dengan
baik"
7. KOMUNIKASI MENURUT JARINGAN KERJA
- Komunikasi jaringan kerja rantai
Komunikasi terjadi menurut saluran
hirarki organisasi dengan jaringan komando sehingga mengikuti pola komunikasi
formal.
- Komunikasi jaringan kerja lingkaran
Komunikasi terjadi melalui saluran
komunikasi yang berbentuk seperti lingkaran. Saluran komunikasi lebih singkat
dan merupakan kebalikan dari jaringan kerja rantai.
- Komunikasi jaringan bintang
Komunikasi ini terjadi melalui satu
sentral dan saluran yang dilalui lebih pendek.
8. KOMUNIKASI MENURUT PERANAN INDIVIDU
- Komunikasi antar individu dengan individu yang lain.
Komunikasi ini terlaksana baik
secara nonformal maupun informal, yang jelas individu yang bertindak sebagai
komunikator harus mampu mempengaruhi perilaku individu yang lain.
- Komunikasi antara individu dengan lingkungan yang lebih luas.
Komunikasi ini terjadi karena
individu yang dimaksud memiliki kemampuan yang tinggi untuk mengadakan hubungan
dengan lingkungan yang lebih luas.
- Komunikasi antara individu dengan dua kelompok atau lebih.
Dalam komunikasi ini individu
berperanan sebagai perantara antara dua kelompok atau lebih, sehingga dituntut
kemampuan yang prima untuk menjadi penyelaras yang harmonis.
9. KOMUNIKASI MENURUT JUMLAH YANG
BERKOMUNIKASI
Komunikasi yang terjadi antara
sesama manusia baik itu perorangan maupun kelompok. Oleh karena itu
jumlah yang berkomunikasi akan mempengaruhi proses komunikasi itu sendiri,
Untuk itu dapat dibedakan sebagai berikut :
- Komunikasi Intrapersonal
Komunikasi ini merupakan komunikasi
dengan diri-sendiri baik disadari atau tidak, misalnya berpikir.,Menurut
saya : "benar seperti penjelasan tadi, komunikasi interpersonal
memberikan kesempatan kepada kita untuk berbicara tentang apa yang kita sukai
atau mengenai diri kita sendiri, dari sini kita dapat belajar bahwa perasaan
kita tentang diri kita sendiri ataupun tentang orang lain, gambarannya adalah
dunia tidak begitu berbeda dari perasaan orang lain"
- Komunikasi Perseorangan (Interpersonal/antarpribadi)
Komunikasi yang terjadi secara perseorangan
atau individual antara pribadi dengan pribadi tentang permasalahan yang
bersifat pribadi juga. Dalam komunikasi ini dapat dilaksanakan secara langsung
maupun lewat telepon namun tetap terjadi secara perseorangan , Menurut saya
:"komunikasi interpersonal ini penting, karena ia juga merupakan satu
dasar untuk berhasilnya suatu organisasi, dengan bertambahnya persepsi orang
dalam dalam suatu kejadian komunikasi, maka akan dapat langsung diketahui umpan
baliknya".
10. DARI SEGI KEMASAN PESAN
Komunikasi
dapat dilakukan secara verbal (dengan berbicara) atau dengan
- Komunikasi verbal : dapat diwakili dalam penyebutan kata-kata,yang pengukapannya dapat dengan lisan atau tertulis.
- Komunikasi non verbal : terlihat dalam ekspresi atau mimik wajah,gerakan tangan,mata dan bagian tubuh lainnya.
0 comments:
Post a Comment